Click Please !

Selasa, 27 Mei 2014

Array dan Matrix pada Program Java

 Di postingan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan seputar array dan matrix :)

1.   Pengertian Array

Array adalah tipe data terstruktur yang setiap elemennya menggunakan nama dan tipe yang sama. Ciri khas yang ada pada array yaitu adanya tanda kurung siku [].
Array berguna untuk menyimpan sekian banyak data yang sama tersebut dan untuk mengaksesnya kita perlu membedakan indeks pada arraynya.
 
Indeks yaitu nomor posisi variabel untuk anggota array. Panjang array yang ditentukan pertama kali akan tetap sama. Sehingga variabel yang memakai array termasuk variabel reference, yang gunanya untuk memegang suatu objek di memori. Variabel reference ini berisi alamat array yang merupakan rangkaian dari suatu variabel.
Array sering digunakan untuk mengimplementasikan data tabel, terutama lookup tabel. Array termasuk salah satu struktur data yang paling tua dan sangat penting, serta digunakan oleh banyak program. Array juga banyak dipakai untuk menerapkan struktur data daftar dan maupun struktur data string yang secara efektif mengeksploitasi logika-logika komputer. Array asosiatif atau "array abstrak" merupakan sebuah ilmu komputer teoritis model suatu tipe data abstrak atau dimaksudkan untuk menangkap sifat-sifat penting dari array.
Dalam ilmu komputer, sebuah tipe array adalah tipe data yang digunakan untuk menggambarkan koleksi elemen ( nilai atau variabel ), masing-masing dipilih oleh satu atau lebih indeks yang dapat dihitung pada saat dijalankan oleh program aplikasi. Koleksi seperti biasanya disebut variabel array, nilai array, atau hanya array. Berdasarkan analogi dengan konsep-konsep matematika vektor dan matriks, tipe array dengan satu atau dua indeks sering disebut tipe vektor atau tipe matriks.
Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana pendeklarasian variable Array :
·        Deklarasi Array Satu Dimensi
Contoh Array satu dimensi sebagai berikut :
TipeData [] NamaArray; Atau bisa juga ditulis seperti ini, TipeData NamaArray [];
Perhatikan contoh berikut.
int []x;
int y[];
Pada variabel x dan y terlihat bahwa variabel arraynya bertipe data int. Maksudnya semua anggota variabel itu harus bertipe data int. Kemudian, kita juga perlu mengisikan array tersebut dengan suatu data yang dibuat dengan memakai kata kunci new, seperti contoh berikut ini :
int []x = new int[4];
int y[] = new int[4];
Sehingga variabel x dan y dideklarasikan sebagai array bertipe data int yang anggotanya mempunyai jumlah 4.

·        Deklarasi Array Dua Dimensi
Array dua dimensi sebenarnya merupakan array dalam array. Contoh Array dua dimensi sebagai berikut :
TipeData [][] NamaArray; Atau dapat juga ditulis ,  TipeData NamaArray [][];
Perhatikan contoh berikut.
int [][]x;
int y[][];
Pada variabel x dan y terlihat bahwa variabel array ini bertipe data int. Maksudnya semua anggota variabel itu harus bertipe data int. Kemudian, kita juga perlu mengisikan array tersebut dengan suatu data yang dibuat dengan memakai kata kunci new, seperti contoh berikut ini :
int [][]x = new int[2][4];
int y[][] = new int[2][4];
Sehingga variabel x dan y dideklarasikan sebagai array dua dimensi yang memiliki tipe data int dengan jumlah barisnya 2 dan jumlah kolomnya 4.

·        Deklarasi Array Multi Dimensi
Array multidimensi ialah array yang terdiri dari array yang tak terbatas pada dua dimensi saja. Berikut ini adalah contoh dari array 3 dimensi :
Int[][] array dimensi = new int[5][10][5]; untuk array lebih dari 3 dimensi dapat ditulis sebagai berikut :
Int[][][] multidimensi= new int[5][][];
Dari program diatas, didapatkan array pertama memiliki 5 elemen, dan kita dapat mendefinisikan ukuran array dimensi kedua dan ketiganya.

·        Inisialisasi dan Pemrosesan Array
Setelah array dibuat, kini saatnya kita masukkan nilainya kedalam array dengan menggunakan kondisi sebagai berikut :
for (int i=0; i<x.length; i++
{
for (int j=0; j<x[i].length; j++
{
x[i][j] = i+1;
}
}
Dari contoh diatas, x.length berarti memiliki ukuran dari baris yang telah dipesan, yaitu 2. Notasi singkat ini juga dapat digunakan, yaitu :
int y[][]= {{1,2,3,4},{5,6,7,8}};

·        Mengirim Array Ke Dalam Fungsi (Method)
Kita dapat mengirim array sebagai parameter array angka ke dalam method array, contohnya sebagai berikut :
public class TestArray
{
public static void main(String[] args)
{
int [] angka = { 2,4,6,8,10 };
Array (angka);
}
public static void Array (int [] x)
{
for (int i=0; i<x.length; i++)
{
System.out.println(x[i]);
}
}
}

Dibawah ini adalah contoh dari program array 1 dimensi :
Proram Array 1 Dimensi
Hasilnya setelah di compile
Hasil Keseluruhan




2.   Pengertian Matrix
Matriks ialah struktur penyimpanan data pada memori utama yang individu elemennya diacu dengan memakai 2 buah indeks yang sering dikonotasikan dengan baris dan kolom.Sebenarnya matriks merupakan array/larik, sehingga konsep umum untuk array dapat berlaku juga untuk matriks, yaitu:
·    Kumpulan elemen memiliki tipe yang sama. Tipe elemen pada matriks bisa berupa tipe dasar integer, string, real, char, dan boolean, atau bisa juga berupa tipe terstruktur seperti record.
·    Semua elemen data bisa diakses dengan langsung jika indeks baris dan kolom diketahui, yang mana indeks ini menyatakan posisi relatif didalam kumpulannya.
·       Struktur datanya statik, maksudnya ialah jumlah elemennya sudah dideklarasi dahulu pada bagian kamus dan tak dapat diganti selama program dijalankan.
Pendeklarasian matriks pada teks algoritma ditulis didalam bagian deklarasinya. Berikut ini merupakan beberapa cara pendeklarasian matriks, yaitu :
·       Sebagai nama peubah
Deklarasi
M : array[1..5, 1..4] of integer
·       Sebagai tipe
Deklarasi
Type mat : array[1..5, 1..4] of integer
M : mat
·       Mendefinisikan ukuran maksimum matriks sebagai sebuah konstanta.
Deklarasi
Const nbarismaks = 20
Const nkolommaks = 20
M : array[1..nbarismaks, 1..nkolommaks] of integer

2 komentar:

Berkomentarlah sesuai kebutuhan :)