Click Please !

Jumat, 31 Oktober 2014

Cara Defragment Disk (Harddisk)

Apa itu Defragment Disk (Harddisk)?
Defragmenter Disk adalah kegiatan menata ulang tata letak data pada hard disk dan akan mengurutkannya sesuai dengan alphabet mulai dari track awal sampai track akhir. Kegiatan copy, cut, paste, instal software dan game besar, membuat tata letak file di tiap block dalam harddisk jadi berantakan.
Tiap block dalam harddisk memiliki kapasitas antara 10 MB sampai 100 MB, bisa juga lebih. Jadi, apabila sobat menyimpan file 1 GB, bukan berarti file itu disimpan dengan susunan block satu baris, melainkan tersebar di beberapa block lain. Sehingga menyulitkan bagi harddisk mencari dan butuh waktu untuk mengakses file tersebut, meskipun hal itu tidak terasa oleh sobat. Jika hal ini dibiarkan lama-lama, maka kecepatan baca dan tulis harddisk bisa menurun dan memperpendek usia pakai harddisk.

Jadi, karena hal itu disarankan untuk men-defrag harddisk. Dan kali ini saya akan share cara untuk defragment harddisk di Windows 7 menggunakan Disk Defragmenter (software bawaan Windows).

Langsung saja yuk simak gimana caranya:
1. Buka Aplikasi Disk Defragmenter, caranya: klik Start > All Programs > Accessories > System tools > Disk Defragmenter
2. pilih Analyze Disk untuk memeriksa apakah disk tersebut perlu di Defrag atau tidak, atau pilih Defragment Disk untuk langsung mendefrag harddisk.

Jika, kalian ingin menjadwalkan defrag dapat diatur pada jendela aplikasi Disk Defragmenter klik Configure schedule .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai kebutuhan :)